fbpx
23 C
Mataram
Kamis, Desember 3, 2020
Update Covid-19 Indonesia
549,508
Total Kasus
Updated on 02/12/2020 5:17 pm
Beranda Hukum & Kriminal Aksi Simpati Terhadap Petani Jurang Koak Digelar di Polda NTB

Aksi Simpati Terhadap Petani Jurang Koak Digelar di Polda NTB

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Siang ini (16/9) ratusan personel gabungan melakukan pengosongan lahan yang dikuasai petani di Dusun Jurang Koak, Lombok Timur. Lahan tersebut diklaim milik TNGR.

Penggusuran gubuk di lahan tersebut berbuntut kericuhan. Beberapa warga dikabarkan ditangkap lantaran menghadang polisi yang hendak melakukan penggusuran. Dikabarkan beberapa warga terkena lemparan batu dan pukulan.

Siang tadi Front Mahasiswa Nasional (FMN) Mataram menggelar aksi di depan Polda NTB. Massa mendesak polisi untuk tidak melakukan tindakan refresif terhadap warga Jurang Koak. Massa juga meminta TNGR harus pergi dari lahan adat milik warga.

- Advertisement -

“Lahan seluas 300 hektar tersebut telah lama digarap oleh petani, bahkan sejak zaman kolonial. Mereka telah berkali-kali mengalami pengusiran,” ujar Zul Harmawadi.

Massa mengatakan klaim TNGR pada lahan tersebut selalu berdasarkan aturan sejak zaman kolonial Belanda. Di mana dulunya lahan tersebut dijadikan suaka marga satwa oleh kolonial. Padahal tanah tersebut telah digarap petani sebelum adanya Belanda.

“Petani juga berkali-kali meminta pengukuran ulang atas lahan yang diklaim TNGR, tapi tidak pernah diindahkan,” tegasnya.

Hingga saat ini situasi di Jurang Koak masih dijaga ketat ratuan personel gabungan. Seementara warga juga terus berjaga di tanah adat mereka. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

KPK Minta Aset Pemprov NTB di Gili Trawangan Ditertibkan

HarianNusa.com, Lombok Utara - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta aset-aset milik Pemerintah Provinsi NTB yang ada di Gili Trawangan mulai di tertibkan. Pasalnya, pengelolaan...

UMP NTB 2021 Ditetapkan, Ini Besaran Nilainya

HarianNusa.com, Mataram - Dewan Pengupahan Provinsi NTB akhirnya menetapkan Upah Minimum (UMP) untuk Tahun 2021. Berdasarkan Sidang Dewan Pengupahan Provinsi NTB yang dilaksanakan pada...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia